Re-post, timelinenya @KerjaKreatif yang lagi membahas #sinetron. Narasumber: Adez Aulia, seorang Chief Editor @KerjaKreatif, Capoeira Lover, Crew of MERAIH MIMPI, Animation Evangelist, creative motivator, producer, director, re-educator (based on his Twitter-Bio)
Simak siaran #KultwitKK mengenai sinetron sebentar lagi bersama chief editor anda @adez3d
1. Byk kalangan menengah berpendidikan mengeluh kl #Sinetron semakin menjadi "Shitnetron"
2. Utk memahami #sinetron kita harus memahami mekanisme di balik industri yang ada
3. #Sinetron mendapatkan dananya dr Iklan biasanya dari FMCG (Fast Moving Consumer Goods
4. #Sinetron Produk2 sponsor biasanya: Produk perawatan seperti sabun,sampoo, kebutuhan memasak:kecap,minyak goreng
5. #Sinetron krn sponsornya adalah Consumer Goods maka sinetron ditujukan kepada org yg mengambil keputusan pembelian
6. Karena disponsori oleh Sabun muncul julukan OPERA SABUN /Soap Opera yg merupakan induk dari isi #Sinetron saat ini
7. Bentuk dasar dari konten #Sinetron memang mengacu kepada OPERA SABUN di Amerika
8. Selain mengacu kepada Opera Sabun #Sinetron saat ini lebih dipengaruhi oleh film2 India
9. #Sinetron Ibu rumah tangga dan Pembantu rumah tangga adalah pengambil keputusan trhdp pembelian produk konsumer goods
10. krn itu #Sinetron disesuaikan kpd pasar mereka yaitu Ibu Rumah Tangga dan Pembantu
11. Dgn target #Sinetron massal, mekanisme RATING sangat penting. Krn pengiklan akan melihat exposure media berdasarkan rating
12. Krn target pasar ke kelas C,D,E tentu konten #Sinetron jd tidak nyambung dgn kelas menengah ke atas yg berpendidikan
13. Salah satu TES #Sinetron adlh suruh "pembantu" menonton.Kl mereka tdk tertawa, ya shooting ulang
14. Konten #Sinetron sering dikeluhkan Kelas Menengah berpendidikan sebagai pembodohan, keluhan ini akan terus diabaikan selama mayoritas rakyat
15. keluhan ttg #Sinetron selalu diabaikan krn Kelas Menengah berpendidikan yg mengeluh bukanlah target market sinetron
16. Krn target #Sinetron kelas ekonomi bawah tidak heran isinya mengabaikan logika & menjual emosi ekstrim
17. #Sinetron kalau org baik harus terlihat sangat baik, kl jahat setanpun kalah jahat. Konten hrs sesederhana mgkn
18. #Sinetron Tokoh baik harus selalu disiksa, kebahagiaan hanya ada di EPISODE TERAKHIR
19. #Sinetron Tokoh baik harus disiksa krn itulah cara penonton memandang dunia. "Kami adalah org yg menderita"
20. #Sinetron salah satu mentalitas penonton "bottom of piramyd" adalah selalu ada sajian baru, walaupun isinya "sampah"
21. #Sinetron mentalitas kelompok menengah atas berbeda, lbh baik menonton film/episode yg BAGUS berkali2x
22. #Sinetron bagi penonton menengah ke atas, TV Kabel yg banyak encore (siaran ulang) lbh cocok
23. Konten #Sinetron di Indonesia jarang menceritakan ttg PROSES, lbh ke hasil tiba2x. Org tiba2x kaya, tiba2x mati,tiba2x SAKTI
24. #Sinetron krn elemen TIBA2 itu ceritanya selalu seputar perebutan warisan, anak tertukar2x, religi
25. #Sinetron bagi kelas ekonomi bawah penonton sinetron, originalitas bukanlah faktor penting.Yg penting ada yg BARU
26. krn itu #Sinetron dipenuhi dgn peniruan dan konten serupa, kl lagi laku religi semua jadi religi
27. #Sinetron konten di negara yg lebih maju lebih menggambarkan PROSES, sehingga film2x ttg detektif,dokter, lawyer bisa dijual
28. @KerjaKreatif slm ini justru acara masak yg sbtulnya media promosi bagus untuk consumer goods,justru menyajikan masakan yg trllu high..
29. Gaya hidup 'Wah' yg memicu msyrakat jd konsumtif bahkan terkesan 'Maksa' RT "@KerjaKreatif: Efek NEGATIF #Sinetron adalah ...."
30. @KerjaKreatif acara masakan dengan topik sederhana tp tetap menarik,bs jd promosi lebih hebat untuk consumer goods di banding sinetron
31. Suka atau tidak suka isi dari sebuah tontonan yg populer seperti #sinetron bisa dianggap tanda yang mewakili pola berpikir penontonnya
32. Industri #Sinetron IT'S ALL ABOUT BUSINESS. Memang percuma protes mengenai pembodohan bangsa, bagaimanapun pencipta karya sinetron juga men
33. Kasarnya karena #Sinetron ditujukan utk berpendidikan rendah. Ya konten nya akan terlihat "bodoh" utk yg berpendidikan
34. Debat seputar konten sinetron, sering kurang disadari juga merupakan debat PERTENTANGAN KELAS EKONOMI dan pendidikan
35. Jika di Amerika Opera Sabun dianggap "mati" baru di tahun ini. Artinya konten serupa di sinetron mungkin baru akan "mati" 20-30 thn lagi da
36. #Sinetron Waktu 20-30 thn lagi adalah waktu membangun sebuah generasi baru. Jadi cukup masuk akal rasanya menunggu segitu lama. Sambil men
37. Tentu tidak semua #Sinetron "jelek" masih ada bbrp sineas yang berusaha memenuhi kebutuhan semua golongan ekonomi. Namun ini kejadian yang
38 #Sinetron berkualitas yg memenuhi kebutuhan semua golongan ekonomi : Keluarga Cemara, Jendela rumah kita, dan bbrp sinetron lain
1. Byk kalangan menengah berpendidikan mengeluh kl #Sinetron semakin menjadi "Shitnetron"
2. Utk memahami #sinetron kita harus memahami mekanisme di balik industri yang ada
3. #Sinetron mendapatkan dananya dr Iklan biasanya dari FMCG (Fast Moving Consumer Goods
4. #Sinetron Produk2 sponsor biasanya: Produk perawatan seperti sabun,sampoo, kebutuhan memasak:kecap,minyak goreng
5. #Sinetron krn sponsornya adalah Consumer Goods maka sinetron ditujukan kepada org yg mengambil keputusan pembelian
6. Karena disponsori oleh Sabun muncul julukan OPERA SABUN /Soap Opera yg merupakan induk dari isi #Sinetron saat ini
7. Bentuk dasar dari konten #Sinetron memang mengacu kepada OPERA SABUN di Amerika
8. Selain mengacu kepada Opera Sabun #Sinetron saat ini lebih dipengaruhi oleh film2 India
9. #Sinetron Ibu rumah tangga dan Pembantu rumah tangga adalah pengambil keputusan trhdp pembelian produk konsumer goods
10. krn itu #Sinetron disesuaikan kpd pasar mereka yaitu Ibu Rumah Tangga dan Pembantu
11. Dgn target #Sinetron massal, mekanisme RATING sangat penting. Krn pengiklan akan melihat exposure media berdasarkan rating
12. Krn target pasar ke kelas C,D,E tentu konten #Sinetron jd tidak nyambung dgn kelas menengah ke atas yg berpendidikan
13. Salah satu TES #Sinetron adlh suruh "pembantu" menonton.Kl mereka tdk tertawa, ya shooting ulang
14. Konten #Sinetron sering dikeluhkan Kelas Menengah berpendidikan sebagai pembodohan, keluhan ini akan terus diabaikan selama mayoritas rakyat
15. keluhan ttg #Sinetron selalu diabaikan krn Kelas Menengah berpendidikan yg mengeluh bukanlah target market sinetron
16. Krn target #Sinetron kelas ekonomi bawah tidak heran isinya mengabaikan logika & menjual emosi ekstrim
17. #Sinetron kalau org baik harus terlihat sangat baik, kl jahat setanpun kalah jahat. Konten hrs sesederhana mgkn
18. #Sinetron Tokoh baik harus selalu disiksa, kebahagiaan hanya ada di EPISODE TERAKHIR
19. #Sinetron Tokoh baik harus disiksa krn itulah cara penonton memandang dunia. "Kami adalah org yg menderita"
20. #Sinetron salah satu mentalitas penonton "bottom of piramyd" adalah selalu ada sajian baru, walaupun isinya "sampah"
21. #Sinetron mentalitas kelompok menengah atas berbeda, lbh baik menonton film/episode yg BAGUS berkali2x
22. #Sinetron bagi penonton menengah ke atas, TV Kabel yg banyak encore (siaran ulang) lbh cocok
23. Konten #Sinetron di Indonesia jarang menceritakan ttg PROSES, lbh ke hasil tiba2x. Org tiba2x kaya, tiba2x mati,tiba2x SAKTI
24. #Sinetron krn elemen TIBA2 itu ceritanya selalu seputar perebutan warisan, anak tertukar2x, religi
25. #Sinetron bagi kelas ekonomi bawah penonton sinetron, originalitas bukanlah faktor penting.Yg penting ada yg BARU
26. krn itu #Sinetron dipenuhi dgn peniruan dan konten serupa, kl lagi laku religi semua jadi religi
27. #Sinetron konten di negara yg lebih maju lebih menggambarkan PROSES, sehingga film2x ttg detektif,dokter, lawyer bisa dijual
28. @KerjaKreatif slm ini justru acara masak yg sbtulnya media promosi bagus untuk consumer goods,justru menyajikan masakan yg trllu high..
29. Gaya hidup 'Wah' yg memicu msyrakat jd konsumtif bahkan terkesan 'Maksa' RT "@KerjaKreatif: Efek NEGATIF #Sinetron adalah ...."
30. @KerjaKreatif acara masakan dengan topik sederhana tp tetap menarik,bs jd promosi lebih hebat untuk consumer goods di banding sinetron
31. Suka atau tidak suka isi dari sebuah tontonan yg populer seperti #sinetron bisa dianggap tanda yang mewakili pola berpikir penontonnya
32. Industri #Sinetron IT'S ALL ABOUT BUSINESS. Memang percuma protes mengenai pembodohan bangsa, bagaimanapun pencipta karya sinetron juga men
33. Kasarnya karena #Sinetron ditujukan utk berpendidikan rendah. Ya konten nya akan terlihat "bodoh" utk yg berpendidikan
34. Debat seputar konten sinetron, sering kurang disadari juga merupakan debat PERTENTANGAN KELAS EKONOMI dan pendidikan
35. Jika di Amerika Opera Sabun dianggap "mati" baru di tahun ini. Artinya konten serupa di sinetron mungkin baru akan "mati" 20-30 thn lagi da
36. #Sinetron Waktu 20-30 thn lagi adalah waktu membangun sebuah generasi baru. Jadi cukup masuk akal rasanya menunggu segitu lama. Sambil men
37. Tentu tidak semua #Sinetron "jelek" masih ada bbrp sineas yang berusaha memenuhi kebutuhan semua golongan ekonomi. Namun ini kejadian yang
38 #Sinetron berkualitas yg memenuhi kebutuhan semua golongan ekonomi : Keluarga Cemara, Jendela rumah kita, dan bbrp sinetron lain
Maaf formatnya agak tidak bersahabat untuk dibaca, agak males ngeditnya :D. Ada beberapa kata yang juga ngilang gitu aja, aslinya emang gitu. Ini murni copy-paste. Di share dengan permintaan seorang teman yang bingung dengan status gw di FB ^^. Semoga bermanfaat.
ounteun, teroaksa ya nulis nya, ngak usah diikutin atuh semua saran pembacanya,
Haa... ya ampun kang, bukan terpaksa, tp waktu itu lg nulis buat postingan sarasvati. Karena semangat sharing yang tinggi (ceilahh), akhirnya cari jalan instan, copy-paste. Hehehe, maap yaks